SMP ISLAM AL-ISHLAH BUKITTITNGGI GELAR IHT DI AIA ANGEK COTTAGE
Sebagai sekolah penggerak di Kota Bukittinggi, SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi selalu mengadakan berbagai macam pelatihan bagi tenaga pendidik agar mampu mengimplementasikan ragam ilmu yang didapatkan. Salah satu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan adalah pelaksanaan in house training terhadap pendidik dan tenaga pendidikan dilingkungan SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini mengambil topik tentang pelaksanaan/implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak, SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Pelatihan ini mendatangkan narasumber yang juga kepala sekolah penggerak SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi, Ustadzah Busyra, S.Pd. dan Ustadz Syahril Fitriadi. S.Pd.
Dalam paparannya, narasumber menjelaskan Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari fase fondasi pada PAUD. Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersedian waktu yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut (fase). Untuk mencapai garis finish, pemerintah membuatnya ke dalam etape yang disebut fase. Setiap fase lamanya 1 - 3 tahun.
Fase tersebut adalah: Fase Fondasi (PAUD), Fase A (Kelas I - II), Fase B (Kelas III - IV), Fase C (Kelas V - VI), Fase D (Kelas VII - IX), Fase E (Kelas X), dan Fase F ( Kelas XI - XII). Kompetensi yang ingin dicapai ditulis dalam paragraf yang memadukan antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau disposisi untuk belajar. Sementara karakter dan kompetensi umum yang ingin dikembangkan dinyatakan dalam profil pelajar Pancasila secara terpisah. Dengan dirangkaian sebagai paragraf, ilmu pengetahuan yang dipelajari peserta didik menjadi suatu rangkain yang berkaitan.
Setelah memahami CP, pendidik mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari peserta didik dalam suatu fase. Pada tahap ini, pendidik mulai mengolah ide tersebut, menggunakan kata-kata kunci yang telah dikumpulkaannya pada tahap sebelumnya, untuk merumuskan Tujuan Pembelajaran disingkat TP.
Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan kompetensi yang dicapai peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran (TP) terdiri dari:
- kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang didemosntrasikan oleh peserta didik
- konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama
Setelah merusmuskan tujuan pembelajaran, langkah berikutnya dalam perencanaan pembelajaran adalah alur tujuan pembelajaran. Alur Tujuan Pembelajaran disingkat ATP sebenarnya memiliki fungsi yang serupa dengan apa yang dikenal selama ini sebagai "silabus", yaitu untuk perencanaan dan pengaturan pembelajaran dan asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun.
Ada tiga kriteria alur tujuan pembelajaran (ATP) yaitu:
- menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai
- ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan yang linear
- ATP keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran antarfase
Guru dapat menjabarkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dengan cara mengidentifikasi kompetensi dan konten yang ada pada Capaian Pembelajaran untuk digunakan dalam setiap fase. Semoga dengan pelatihan ini, diharapkan seluruh tenaga pendidik bisa menguasainya dan memberikan dampak yang bermanfaat bagi anak didiknnya, Amin/dedi/al
Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini